PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 10 MALANG ?

PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 10 MALANG ?

Perpustakaan SMK Negeri 10 Malang adalah bagian integral lembaga pendidikan di SMK Negeri 10 malang yang merupakan tempat koleksi bahan pustaka yang dikelola dan diatur secara sistematik untuk digunakan oleh murid dan guru, serta karyawan sebagai sumber bahan informasi sekaligus sebagai sumber belajar dalam rangka menunjang program belajar dan mengajar dan peningkatan kualitas diri di SMK NEGERI 10 MALANG.
Tujuan Penyelenggaraan Perpustakaan SMK Negeri 10 Malang adalah menunjang program belajar bagi murid dan mengajar bagi guru agar tujuan umum dan khusus di SMK NEGERI 10 MALANG ini dapat tercapai secara optimal.
Perpustakaan SMK NEGERI 10 MALANG berperan sebagai salah satu sarana pendidikan yang bersifat teknis edukatif dan bersama-sama dengan unsur-unsur pendidikan yang lainnya ikut menentukan keberhasilan proses pendidikan khususnya di SMK Negeri 10 Malang.
Sesuai dengan tujuannya, fungsi pokok perpustakaan SMK negeri 10 Malang adalah memberikan pelayanan informasi untuk menunjang program belajar dan mengajar, baik dalam pendalaman dan penghayatan pengetahuan, penguasaan ketrampilan maupun penyerapan dan pengembangan nilai dan sikap hidup murid. Secara terperinci fungsi pelayanan informasi tersebut akan menghasilkan tiga maxcam manfaat, yaitu: manfaat sebagai sumber informasi, sebagai sumber rekreasi. Sebagai sumber belajar karena dengan menggunakan perpustakaan secara tepat, siswa dapat memperdalam pemahaman dan penghayatan pengetahuan yang diperoleh dari guru. Sebagai sumber informasi karena koleksi perpustakaan dapat dipergunakan untuk memperluas cakrawala pengetahuan dan ketrampilan murid selain yang telah diberikan oleh guru. Begitu juga penggunaan perpustakaan oleh guru akan memperluas cakrawala dan memutakhirkan pengetahuan guru dalam bidang bidang studi yang diajarkan.
Manfaat sebagai sumber rekreasi tampak dalam fungsinya memberikan koleksi ringan dan segar sehingga memberikan keselarasan, keserasian, keseimbangn perkembangan perpustakaan, keterampilan, serta nilai dan sikap hidup, baik guru maupun murid.
Agar fungsi pelayanan informasi Perpustakaan SMK Negeri 10 Malang dapat berlangsung secara optimal, kegiatan kerjanya yang harus dilakukan hendaknya meliputi dua macam, yaitu: kegiatan kerja teknik perpustakaan dan kegiatan kerja pelayanan pemakai.
Yang dimaksud kegiatan kerja teknik perpustakaan SMK Negeri 10 Malang adalah kegiatan kerja yang berkaitan penyiapan koleksi agar digunakan oleh pemakainya. Kegiatan kerja ini meliputu kegiatan pembinaan dan pengolahan koleksi.
Adapun pelayanan pemakai adalah kegiatan kerja pelayanan dalam usaha pemanfaatan koleksi oleh guru dan murid. Kegiatan ini meliputi pelayanan sirkulai, pelayanan referensi, dan kegiatan jam perpustakaanAgar kegiatan kerjanya berfungsi optimal, perpustakaan SMK Negeri 10 Malang perlu dilengkapi dengan tiga macam sarana pokok, yaitu: sarana petugas perpustakaan, sarana fisik, dan sarana pembiayaan.
KOLEKSI
Yang dimaksud koleksi Perpustakaan SMK Negeri 10 Malang adalah kumpulan sumber informasi dalam berbagai bentuk yang telah dipilih sesuai dengan tujuan program pendidikan di SMK Negeri 10 Malang, mencakup dan menunjang semua bidang studi, memberikan pengetahuan umum yang sesuai dengan tingkat kecerdasan, dan kemampuan baca, dan perkembangan jiwa siswa dan tuntutan profwesi guru di jenjang pendidikan SMK.
Pembinanaan koleksi merupakan salah satu kegiatan teknik perpustakaan yang berupa kegiatan sistematik dan terarah dari pemilihan sampai dengan pengadaan sesuai dengan kebutuhan.
Jenis koleksi Perpustakaan SMK Negeri 10 Malang meliputi : koleksi buku dan koleksi bukan buku. Koleksi Buku meliputi: buku non Fiksi, dan buku fiksi.
Buku non fiksi meliputi: buku teks utama, buku teks pelengkap, buku bacaan non fiksi, dan buku referensi atau buku sumber.
Buku teks utama adalah buku yang berisi bahan pelajaran suatu bidang studi yang digunakan sebagai buku pokok, baik untuk murid maupun guru.
Buku teks pelengkap adalah buku yang sifatnya membantu atau merupakan buku tambahan buku teks utama yang dipakai oleh murid dan guru.
Buku non fiksi adalah buku yang digunakan sebagai bacaan, yang menurut fungsinya dapat dibedakan menjadi buku bacaan yang menunjang kurikulum dan buku bacaan yang bersifat umum.
Buku refrensi buku acuan atau buku sumber adalah buku yang digunakan sebagai sumber informasi oleh murid dan guru untuk mendapatkan kejelasan tambahan tentang suatu bidang ilmu atau keterampilan. Buku referensi terdiri atas beberapa macam, antara lain: kamus, insiklopedi, almanak, direktori, atlas, peta, buku tahunan, dan bibliografi.
Kamus merupakan buku yang memuat kata atau istilah dalam bahasa atau bidang studi tertentu yang disusun menurut abjad. Berdasarkan lingkup yang dibahas kamus dapat dibedakan, antara lain: Kamus Besar, Kamus Umum, Kamus Istilah, Kamus sinonim, Kamus antonym, dan kamus ungkapan, serta kamus.peri bahasa.
Adapun insiklopedi ialah kata yang menghimpun uraian mengenai bidang ilmu pengetahuan(insiklopedi umum) atau mengenai bidang ilmu pengetahuan tertentu(insiklopedi khusus). Keterangan yang diberikan dalam insiklopedi antara lain: definisi, sejarah, pengupasan atau uraian arti, serta hubungan dengan hal-hal lain.
Untuk mewujudkan program di atas Perpustakaan SMK Negeri 10 Malang
mengacu kepada Standardisasi perpustakaan yang meliputi standar gedung, standar ketenagaan, standar koleksi, standar pelayanan, standar teknis pengolahan buku,standar sarana prasaran termasuk jaringan internet. Semua itu akan dapat terealisasi bila keberadaan Perpustakaan SMK Negeri 10 Malang diposisikan sesuai dengan PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG STANDAR.
Demikian sekilas gambaran akan dibawa kemana perpustakaan kita yang tercinta ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s