PEMBINAAN BAHASA INDONESIA DI SMKN 10 MALANG(5)_rev 01

MEMBACA CEPAT DENGAN TEKNIK SKIMMING</NURIL-ANWAR-001.

Membaca cepat dengan teknik skimming merupakan salah satu tekniuk membaca cepat dengan cara menangkap ide pokok setiap paragrafnya.

Ide pokok atau gagasan utama sering disebut dengan tema paragraf, karena gagasan tersebut menjiwai seluruh isi pargraf., jadi setiap paragraf hanya mengandung satu ide pokok sebab satu paragraf merupakan hasil pengembangan satu ide pokok menjadi satu kalimat panjang, atau beberapa kalimat yang secara sistematis, herarchis(berurutan) dan koheren(padu), sehingga tidak ada satu kalimat pun yang menyimpang dari ide pokok tersebut(kalimat sumbang)
Ide pokok dapat dikembangkan awal paragraf, awal dandipertegas pada akhir, pada akhir paragraf, bahkan bisa tersebar di seluruh kalimat dalam paragraf tersebut. Kalimat yang merupakan tempat dituangkan/dikembangkannya ide pokok disebut kalimat utama/kalimat topik. dan posisi kalimat utama dalam paragraf sesuai dengan letak ide pokok.
Logikanya untuk dapat dengan cepat menangkap ide pokok setiap paragraf kita dapat dilakukan deng cara mengidentifikasi jenis paragraf dengan menentukan hubungan antar kalimat, mana kalimat yang diterangkan dan mana kalimat yang berp[osisi sebagai penjelas. Maka kalimat yang berposisi sebagai yangijelaskan/D dapat diprediksi sebagai kamat utama dan di situlah dapat kita cari ide pokoknya. Bila cara ini sudah kita lakukan kita mengalami kesulitan dapat dipastikan bahwa paragraf tersebut ide pokoknya tertuang diseluruh kalimat dalam paragraf sehingga tidak ada kalimat yang dijelaskan dan tidak ada kalimat yang berposisisi sebagai penjelas. Paragraf semacam ini sering kita jumpai pada paragraf menyebar(naratif, dan deskriptif. dan cara menemukan ide poko cukup berhenti sejenak dan bertanya”tentang apa paragrafini”
Nah, para peserta didik,
 akan lebih jelasnya kita praktikkan pada acara pembinaan Bahasa Indonesia di SMKN 10 Malang yang akan datang.

Contoh
Adikku nakal sekali. Setiap hari pekerjaannya selalu membuat onar saj, baik di sekolah maupun di rumah. Di sekolah sering temn putri menangis gARa-gra tasnya disembunyikan adikku.Di rumah ia bergabung dengan teman-teman yang makal yang menamakan diri sebagai KANSAS(Kami anak Nakal suTU SAAT AKAN sADAR). dI JALANAN UMUM Merekasering kebut-kebutan, sehingga mengganggu kelancaran lalulintas.
Berdasarkan analisis hubungan atar kalimat, kalimat pertama berposaisi sebagai kalimat yang dijelaskan oleha kalimat-kalimat lain yITU NO 2,3, DAN 4. pARAGRAF semacam ini jelas disebut paragraf awal dan ide pokoknya tertuang dalam kalimat pertama.
Karena kalimat utama merupakan pengembangan dari ide pokok, maka cara menentukan ide pokok adalah dengan mencari kata kunci dan moment/penjelas, sedang keterangan atau perluasannya harus dibuang.
Dalam kalimat pertama kata kuncinya adalah”adikku” dan momentnya adal;ah”nakal, sedang bagian lain hanyalah hasil perluasan dari ide pokok.Dalam haini dapat dipastikan bahwa paragraf tersebut ide pokoknya adalah “Adikku nakal”.
Bila kesimpulan kalimat utama atau terdapat pada akhir paragraf, maka tugas kita tinggal mwenemukan kata kunci dan moment/dari kalimat terakhir dengan membuang kata-kata/klausa perluasannya.
Catatan: Teknik semacam ini dapat kita lakukan bila yang kita gunakan adalah jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok. Bila tinjauan jenis paragraf yang kita gunakan adalah pola pengembangan gagasan, maka caranya pun akan berbeda pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s