PEMBINAAN BAHASA INDONESIA

Memulai Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 10 Malang
gambar 6 kbm mm2Para siswaku yang saya sayangi,
Mengapa sih,kita masih harus belajar Bahasa Indonesia di SMK ini?
Padahal kalian telah bisa berbahasa Indonesia, bahkan 6 tahun di SD, dan 3 tahun di SMP sudah belajar bahasa Indonesia secara formal. Sudah bisakah Anda membedakan bahasa Indonesia edengan orang tua dan berbahasa Indonesia dengan teman sejawat, baik lafalnya, pilihan katanya, ejaannya,dsb.?
Pada awal semester tahun pelajaran 2012-2013 ini mArilah kita atur niat kita, karena setiap pekerjaan itu bergantung pada apa yang kita niatkan. Nah dalam memulai pembelajaran bahasa Indonesia khususnya di SMK hendaklah kita perhatikan tiga hal yang akan melandasi pembelajaran kita nanti, a.l.:
1. sekitar 10 % kita lakukan “How to know” tujuannya agar mampu memahami pengetahuan Bahasa Indonesia yang memadai sesuai dengan jenjang pendidikan, misalnya siswa kelas X Semester Gazal SMK yaitu memahami pengetahuan”knowledge” yang berkaitan dengan kompetensi Dasar yang tertera di program pembelajaran kita.
Proses yang harus ditempuh siwa: menyimak ketrerangan guru, membaca buku materi, dan sering tanya jawab.
2. Sekitar 80 % kita harus melakukan@How to aplication?” dengan cara melakukan tugas-tugas dan latiohan berbahasa yang diberikan guru. Proses ini bertujuan agar siswa mampu menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan ‘ketupat'(keadaan ,waktu, dan tempat,sehyingga dapat menerapkan pemakaian Bahasa Indonesia sesuai dengan konteks dan kepada siapa dia berbicara.

3. Sekitar 10% peserta didik diajar untuk bersikap positif terhadap Bahasa Indonesia sesuai dengan amant UUD 1945 pasal 15, dan butir ketiga Sumpah Pemuda dalam konggres Bahasa Indonesia II tahun 1928 yang dipimpin oleh Bapak Soegondo Joyo Puspito yang dibantu oleh M-Bapak Moch. Yamin, S.H.
Bersikap positif dalam tulisan ini ditafsirkan adanya perasaan hormat, tidak meremehkan, dan siap, serta komit untuk menggunakannya dengan benar dan baik sesuai dengan konteks pembincaraan serta melihat siapa mitra tuturnya.
Demikian sekedar pengarahan dari guru Bahasa Indonesia kelas X SMKN 10 Malang dengan harapan dapat dijadikan dasar memulai pembelajaran di SMKKN 10 yang tercinta ini.
NURIL ANWAR,S,Pd.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s