MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Membaca, mengetahui, dan memahami Hanyalah proses menuju,m tTetapi bersikap dan berperilaku bijak Adalah Karakter tertinggi seorang manusia (de Loem, 2011)
Mana yang paling penting?
•   Koleksi atau sarana dan prasarana?
•   Anak bermain atau membaca?
•   Ruang baca atau lapangan sepakbola?
•   Anak cerdas atau anak nakal?
•   Suka membaca atau suka mendongeng?
•  Suka dengan pekerjaannya atau suka dengan duitnya?
 
PERPUSTAKAAN
Institusi pengelola karya tulis, karya cetak dan karya rekam secara profesional dengan sistem yg baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustakan (UU 43/2007 tentang Perpustakaan)
FOKUS PERPUSTAKAAN SEKOLAH
* Sebagai pusat kegiatan belajar-mengajar
• Sebagai pusat penelitian kreatif imajinatif </strong
• Sebagai pusat rekreasi waktu luang
• Sebagai pusat pelestarian informasi
 
MANAJEMEN PERPUSTAKAAN
“proses perencanaan, pengorganisasian, penyelenggaraan, dan pengendalian penggunaan sumber-sumber yang dimiliki dalam pelaksanaan tugas-tugas untuk mencapai tujuan perpustakaan (organisasional) secara efektif dan efisien”
FUNGSI MANAJEMEN
1. Perencanaan (planning) : masa depan perpustakaan > visi & misi > inovasi
2. Pengorganisasian (organizing) : enggerakkan, mengarahkan, dan mengerahkan sumber daya perpustakaan
3. Penyelenggaraan (actuating) : pengolahan bahan pustaka menjadi koleksi
4. Pengendalian (controlling) : monitoring, evaluasi dan tindakan koreksi
 
SUMBER DAYA PERPUSTAKAAN
1.   Man (manusia = tenaga pendidik, peserta didik, wali murid, dan lainnya)
2.   Money  (uang = SBPP, iuran wali murid, specific grant /DAK, dana BOS, block grant, dan lainnya)
3.   Material (bahan = buku, tabloid, majalah, jurnal, ensiklopedi, dan lainnya – termasuk informasi)
4.   Machine  (metode = prosedur kerja: menyampul, mengkode, mengklasisifkasi, dan lainnya)
5.   Method  (mesin = rak, AC, komputer, meja karel, meja baca, internet, dan lainnya)
6.   Market  (pasar = pemustaka, pelanggan, pengunjung, pembaca, pemerhati, dan lainnya)
PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA
•    Inventarisasi
•   Katalogisasi (Anglo American Cataloguing Rules 2 (AACR2) & International Standart Bibliographyc Description (ISBD))
•   Klasifikasi (Dewey Decimal Catalogue 23 (DDC23) & Tajuk Subyek)
•   Penyelesaian
•   Pengaturan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s