PROSEDUR MUTU (4)

PERPUSTAKAAN SMKN 10 MALANG
(KONSEP)
1. TUJUAN
Menjelaskan tentang mekanisme pengendalian perpustakaan sesuai penerapan Sistem Manajemen Mutu di SMK NEGERI 10 MALANG

2. RUANG LINGKUP
Mencakup aktivitas pengendalian semua buku perpustakaan di SMK NEGERI 10 MALANG

3. DEFINISI
3.1 Petugas Perpustakaan : karyawan atau siswa yang ditunjuk untuk bertugas diperpustakaan
3.2 Koordinator Perpustakaan : Guru atau karyawan yang ditunjuk sebagai Koordinator Perpustakaan
3.3 Siswa yang ditunjuk sebagai petugas perpustakaan adalah
: siswa yang memakai ID card petugas perpustakaan
3.4 Pengertian Koleksi

Yang dimaksud koleksi Perpustakaan SMK Negeri 10 Malang asalah kumpulan sumber informasi dalam berbagai bentuk yang telah dipilih sesuai dengan tujuan program pendidikan di SMK Negeri 10 Malang, mencakup dan menunjang semua bidang studi, memberikan pengetahuan umum yang sesuai dengan tingkat kecerdasan, dan kemampuan baca, dan p erkembangan jiwa siswa dan tuntutan profwesi guru di jenjang pendidikan SMK

Jenis koleksi Perpustakaan SMK Negeri 10 Malang meliputi : koleksi buku dan koleksi bukan buku. Koleksi Buku meliputi: buku non Fiksi, dan buku fiksi.

Buku non fiksi meliputi: buku teks utama, buku teks pelengkap, buku bacaan non fiksi, sdan buku referensi atau buku sumber.
.

3. 5 Pengadaan Koleksi

Pengadaan koleksi merupakan suatu kegiatan untuk mengadakan bahan pustaka yang belum dimiliki perpustakaan.

3.6 Cara Memilih Buku

a). Dasar Pemilihan:

1). Tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945
2). Mendukung isi kurikulum SMK
3). Susunan bahasa yang baik.
4). Disesuaikan dengan usia dan minat anak.
5). Mempunyai hubungan dengan lingkungan kehidupan sehari-hari murid
6). Dan tidak dilarang oleh pemerintah

b). Syarat bentuk bahan koleksi yang dipilih:

1) Bentuk ukurannya sesuai dengan teks
2).Kertas minimal tidak tembus pandang, tulisan tidak membaur dan tidak mudah mengisap air dari udara.
3).Penjilidan kuat, tidak menyulitkan waktu pembaca membuka halaman-halaman

c). Alat Pemilihan

1). Daftar buku yang sudah disahkan Dirjen Dikmenjur, Kementrian Pendidikan Nasional.
2). Daftar usulan yang disampaikan oleh guru, dan karyawan, seta para murid SMK

d). Prosedur Pemilihan

PELAKSANA AKTIVITAS DOKUMEN/ARSIP
Petugas Menyiarkan alat yang diperlukan Daftar buku yang disahkan Dirjen Dikmenjur, Kementrian Pendidikan Nasional
Petugas Menyediakan Formulir Pemilihan buku Blanko Formulir Pemilihan
Petugas Membentuk Team Pemilihan buku Pedoman Kurikulum SMK
Siswa ,Guru, dan karyawan Pengisian Formulir Pemilihan Buku dan menyerahkannya kepada petugas Blanko Formulir Pemilihan
Petugas Membuat Daftar Pesanan atas dasar hasil pengisian Formulir Formulir Pwmilihan Buku,
Buku Induk
Petugas Melakukan klasifikasi buku berdasarkanPersepuluhan Dewey Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan

e). Pembinaan Koleksi

Pembinanaan koleksi merupakan salah satu kegiatan teknik perpustakaan yang berupa kegiatan sistematik dan terarah dari pemilihan sampai dengan pengadaan sesuai dengan kebutuhan.

1).Jumlah penambahan untuk jumlah jauh dari seharusnya, maka penambahan minimal 15 % dari jumlah yang ada.
2).Pertumbuhan koleksi juga didasarkan atas kesembangan subjek-subjek koleksi, misalnya perbandingan fiksi dan non fiksi berkisar 35 % : 65 %.
3).Sumber/asal koleksi dapat dilaksanakan melalui: pembelian, sumbangan murid, hasil pembelajaran berupa karya siswa, tukar-menukar, titipan, dan bantuan dari Kementrian Pendidikan Nasional, atau lembaga-lembaga lain.(Departemen Pendidikan dan Kebudayaan : 1984)

4. CATATAN MUTU/ARSIP
4.1 Buku Daftar Hadir Pengunjung Siswa
4.2 Buku Daftar Hadir Pengunjung guru dan karyawan
4.3 Katalog On Line / Manual
4.4 Kartu Peminjaman Perpustakaan
4.5 Kartu Buku
4.6 Kartu Anggota Perpustakaan
4.7 Kartu Buku File Peminjaman
4.8 Buku Induk
4.9 Formulir Pengadaan Buku Perpustakaan
4.10 Laporan Keuangan
4.11 Daftar Golongan Buku
4.12 Laporan Opname

5. DOKUMEN TERKAIT
1. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas,
Penerbit: Diknas 2007
2. Daftar Tajuk nSubjek Untuk Perpustakaan,Penerbit: Krunia Surabaya 1990
3. Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey
4. Standar ISO Internasional ISO 1001:2008, Edisi keempat, Tanggal:15-11-2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s